Kamis, 13 Oktober 2011

TUGAS 2, ISD MASALAH TAWURAN

Nama : SODIKIN
Kelas : 1 IC04
NpM : 26411842
Tugas 2. ISD (ilmu social dasar)
tawuran
Kasus tawuran pelajar SMU vs wartawan,… mestinya bisa menghormati tugas wartawan …!!! September 21, 2011
Tawuran pelajar pekan ini kembali memanas. Para pelajar yang semestinya menjadi garda terdepan generasi penerus bangsa malah mengedepankan kekerasan fisik daripada intelektualitas.
Para pelajar mengenakan seragam sekolah tapi bak bergaya preman jalanan. Di antarana main hakim sendiri, merusak fasilitas umum, bahkan saling melukai satu sama lain.
Kasus tawuran pelajar SMA Negeri 6 dengan wartawan menjadi puncaknya. Seorang wartawan dikeroyok sejumlah siswa berseragam dan kaset berisi rekaman peristiwa tawuran juga ikut dirampas.
Sontak aksi anarkis siswa SMAN 6 Jakarta ini memunculkan aksi demo yang mengecam tindakan kekerasan di dunia pendidikan. Tidak hanya itu solidaritas juga datang dari para jurnalis yang mengecam agar pelaku penganiayaan terhadap wartawan harus ditindak tegas tanpa pandang bulu.


Kekerasan tentu saja bukan jalan keluar untuk menyelesaikan persoalan. Namun jika tawuran selalu terjadi berulang kali dan menjadi sebuah tradisi, tampaknya sudah waktunya pemerintah turut andil. Adakah yang salah dengan dunia pendidikan di Indonesia.

Menjadi pertanyaan banyak orang mereka justru melakukan aksi tawuran di lingkungan sekolahnya sendiri. Dimanakah guru dan kepala sekolah mereka. Tawuran justru mendatangkan banyak kerugian materil, seperti kerusakan fasilitas umum hingga diliburkannya kegiatan belajar mengajar.

Pada akhirnya tawuran hanya akan menghabiskan energi sia-sia tanpa bisa menghasilkan sebuah prestasi melainkan citra negatif nama sekolah.(IAN)

Well,… kasus tawuran yang terjadi antara pelajar SMU 6 vs wartawan,… mestinya tidak perlu terjadi jika memahami tugas wartawan …!!! Namanya wartawan itu keberadaannya dilindungi undang-undang… jika meliput di ruang publik ya sah-sah saja …!!! Yaaagh… juragan bisa memahami… coz mengetahui persis apa yang dilakukan oleh wartawan … juga pernah sebagai pelajar SMA 70 tetangga SMU 6 …!!! Kalau mau membahas… ya dicari dulu pangkal / awal dari persoalan tawuran itu antara pelajar vs wartawan …!!

1. Latar belakang timbulnya tawuran
Awal mula terjadi gegeran… karena terjadi pemukulan dan perampasan kaset wartawan oleh pelajar …!!! Naagh yang perlu dicaritahu adalah kenapa wartawan yang meliput kudu dirampas hasil kerjanya …??? Sepanjang masih dilingkungan publik… yaaa nggak boleh dirampas …!!! Misalnya aja neeegh,… wartawan sak jagad nunggu didepan rumah juragan… yooo monggo saza… mau bawa tele ukuran berapa kek… yo monggo saja …!!! Lha wong berdiri di jalan khan punya publik … ya thooo …???
Lain kalau wartawan nya memaksa masuk… sampe ke rumah juragan.. sampai mau moto juragan mau mandi… yooo jenengeee kebangetan …!!! Lha pertanyaan selanjutnya kenapa kok kaset harus dirampas …??? Apapun alasannya nggak ada hak untuk mengambil / merampas punya orang semau nya… !!! Yaaagh kalau nggak mau diphoto atau terekam kaset… ya jangan berantem… gampang thooo …!!! Jangan dikaburkan setelah pasca perampasan… ada wartawan yang demo dan bentrok lanjutan… !!! Kadang juragan nggak mengerti… setelah memukul wartawan… kok malah bangga koar-koar di twitter… !!! Inget para pelajar ini…. besok-besok akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa… mau dibawa kemana ini bangsa… ??? Mungkin ini akan menjadi homework bagi semua pihak… baik sekolah, para orang tua ataupun masyarakat… !!!
2. Data smu yang tawuran
- SMU 6
- Wartawan sebagai alumni SMA 70 tetangga SMU 6
3. Dampak tawuran bagi kegiatan belajar
- Pelajar yg sedang belajar merasa tidak nyaman
- Tercoreng nama sekolah yang tidak baik
- Terpecahnya hubungan antara satu pelajar dg pelajar yang lain maupun masyarakat
- Banyak menyita waktu yg seharusnya digunakan untuk belajar, ehh……malah buat tawuran artinya RUGI.
- Akan merasa lebih kuat atau emosi lebih ditingkatkan
- Tidak tenang, resah, dan kurangnya kosentrasi dalam belajar karena takut adanya ancaman dari kelompok pelajar lain.
4. Kerugiannya
a. Bagi korban : akan terluka, menyita waktu/ banyaknya waktu yg tersia siakan, terkena ancaman, tidak merasa nyaman.
b. Bagi pelajar : akan terkena sangsi oleh pihak sekolah, mencorengkan nama baik sekolah, banyak menyita waktu, putusnya tali persaudaraan.
c. Kerugian bagi lingkungan : akan rusak lokasi tersebut, menjadi berantakan, jika terjadi di gedung pastinya akan rusak juga, dll.
5. Nilai-Nilai yang ada dalam tawuran
1. Hikmah bagi pelajar :
a. Solidaritas kelompok akan meningkat.
b. Keakraban akan menjadi perkumpulan setiap kelompok.
c. Akan menjadi pusat perhatian bagi masyarakat.
2. Hikmah bagi masyarakat :
a. Akan menjadi pelajaran bagi masyarakat
b. Masyarakat dapat membedakan mana yang seharusnya agar bisa menjadi teladan yang baik.
c. Menyadarkan masyarakat bahwa tawuran itu tidak dapat menjadi contoh yang baik untuk generasi yang akan datang.
d. Masyarakat dapat mengambil nilai-nilai yang baik dan yang tidak baik.
e. Dapat menyimpulkan bagaimana tawuran itubterjadi.
Komentar :
1. Pendidikan agamanya kurang…..mungkin juga kurang pendidikan moral dirumahnya….akhirnya degradasi akhlak…..semoga para oknum pelajar lekas sadar akan tugas dan tanggung jawabnya, begitupun ortu dan pihak sekolahnya semoga makin tegasterhadap semua jenis pe nyimpanganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar