Nama : Sodikin
NpM : 26411842
Kelas : 1IC04 (teknik mesin)
Nama dosen : Pak budi siswanto
Judul/perihal: Merangkum tugaz mata kuliah ILMU SOSIAL DASAR (ISD)
Sumber : dari semua buku yg berjudul ISD dan blog dari karangan pak reno.
Tugas 1.
I. Pendahuluan
Perguruan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang memiliKI kemampuan, seperti kemampuan Akademik, Kemampuan Profesi, dan Kemampuan Pribadi. Dengan ketiga kemampuan tersebut diharapkan lulusan sarjana memiliki keahlian dan cakap dalam bidang yang ditekuninya. Serta memiliki tanggung jawab baik pribadi maupun untuk masyarakat.
Mata kuliah yang tergabung dalam MKDU [ Mata Kuliah Dasar Umum ], antara lain :
* Pancasila
* Agama
* Kewiraan
* Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
* IAD [ Ilmu Alamiah Dasar ]
* ISD [ Ilmu Sosial Dasar ]
* IBD [ Ilmu Budaya Dasar ]
Dari ketujuh mata kuliah diatas dapat dikelompokkan mejadi 2 kelompok. Kelompok yang pertama meliputi : Pancasila, Agama, Kewiraan dan Pendidikan Sejarah Perjuangan bangsa. kelompok ini diharapkan dapat dapat memberikan dasar pedoman untuk bertindak sebagai warga negara terpelajar yang baik. Mata kuliah tersebut wajib di ikuti oleh semua mahasiswa di semua perguruan tinggi dan menentukan kelulusan.
Kelompok kedua meliputi : IAD, ISD dan IBD. Kelompok ini diharapkan dapat membantu kepekaan mahasiswa berkenaan dengan Lingkungan Alamiah, Lingkungan sosial dan Lingkungan Budaya.
Ilmu Sosial Dasar sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.
1. Pengertian ISD
ISD adalah pengetahuan yang Membahas/mempelajari masalah-masalah sosial dalam kehidupan di masyarakat.
ISD (ilmu Sosial Dasar) adalah pengetahuan yg menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah yg ditimbulkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).
2. Tujuan ISD
Tujuan ISD adl membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
ISD juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala – gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
3. Ruang Lingkup Studi ISD
ISD meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga2 sosial. Yg terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran STUDI ISD adalah aspek-aspek yg paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah-masalah yg terwujud dari padanya.
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu,
* Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
* Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataankenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”. Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
* Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
4. Pokok Bahasan ISD
1. Pengertian, latar belakang serta ruang lingkup pembahasan.
2. Sekilas tentang ilmu2 sosial, IPS, ilmu sosial, dan ISD.
3. Penduduk, masyarakat dan kebudayaan.
4. Individu, keluarga, dan masyarakat.
5. Pemuda dan sosialisasi serta peranan pemuda dalam pembangunan masyarakat.
6. Peranan pendidikan dlm pembangunan.
7. Warga negara dan negara.
8. Pelapisan sosial desa, kesamaan derajat.
9. Desa, masyarakat kota dan pembangunan pedesaan.
10. Kota, masyarakat kota, dan pembangunan perkotaan.
11. Pertentangan-pertentangan sosial.
12. Integrasi sosial dan integrasi nasional.
13. Pembangunan dan perubahan sosial.
14. Ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar